Rabu, 20 Juni 2012

Mengurus Visa Inggris

Sejak pekan kemarin, saya dan suami mengurus kelengkapan aplikasi visa ke Inggris. Rencananya, saya akan menghadiri wisuda suami pada pertengahan-akhir bulan Juli 2012. Tiga tahun yang lalu saya sempat membuat visa Inggris melalui agen, namun untuk kali ini sepertinya visa saya harus diurus sendiri melihat keterbatasan waktu dan kepraktisannya.

Sebelum mengurus aplikasi tersebut, ada baiknya main-main ke website VFS Indonesia, yaitu suatu badan yang ditunjuk resmi oleh kedutaan Inggris untuk mengurus aplikasi visa. Link ini http://www.vfs-uk-id.com/ sangat membantu mencari tau informasi visa yang kita butuhkan.

Setelah itu, isi formulir online di website tersebut dan usahakan untuk beberapa kali mengeceknya. Apabila informasi yang diminta belum tersedia, maka kita dapat menyimpan draft tersebut untuk kemudian dilengkapi kemudian hari (akan tersimpan selama 7 hari). Setelah data-data selesai dimasukkan ke dalam formulir online, maka anda diharuskan memprint sebanyak satu kali dan menandatanganinya. Formulir ini harus dibawa ketika kita pergi ke VSF untuk menyerahkan dokumen pendukung serta mengambil sidik jari.

Kelengkapan dokumen apa saja yang kita butuhkan? Itu semua tergantung jenis visa yang anda buat. Untuk saya, karena tujuannya menghadiri wisuda dan status saya masih sebagai mahasiswa maka visa visitor lah yang saya butuhkan. Berikut adalah daftar dokumen yang saya serahkan:


NO
NAMA DOKUMEN
ASLI
FOTOKOPI
1
PASPOR LAMA


2
PASPOR BARU


3
KTP


4
KARTU KELUARGA


5
SURAT NIKAH


6
AKTE KELAHIRAN


7
REKENING KORAN


8
KARTU PELAJAR


9
VISA PELAJAR MALAYSIA


10
FOTO


11
TIKET


12
BOOKING HOTEL


13
UNDANGAN DARI MAS


14
UNDANGAN DARI KAMPUS


15
PASPOR  MAS


16
VISA MAS


17
VISA UK DI PASPOR LAMA


18



19





Sebagai catatan, ketika pengecekan di VFS, bawalah semua dokumen yang asli bila sewaktu-waktu diperlukan. Sedangkan hanya paspor baru dan lama (bila ada) beserta dokumen pendukung (fotokopi) yang kita serahkan untuk membuat visa. Lamanya pembuatan visa tergantung banyaknya orang yang mendaftar. Untuk bulan Juli tahun ini, karena bertepatan dengan Olimpiade London dan libur anak sekolah maka waktu yang dibutuhkan yaitu 15 hari kerja. Untuk yang pernah memiliki visa Inggris sebelumnya, mungkin waktu tersebut akan menjadi lebih singkat.

Setelah semua dokumen dan formulir disiapkan, kini tinggal memilih apakah akan langsung ke VFS atau menggunakan appointment online yang tersedia di web. Saran saya, telepon dahulu pihak VFS untuk menanyakan kira-kira adakah slot appointment dalam waktu dekat, kalau tidak berarti anda harus pergi ke VFS langsung. Berikut alamat, kontak, dan jam kerja VFS Indonesia http://www.vfs-uk-id.com/applicationcentre.html

Gedung VFS Indonesia berada di Gedung Abda, sebrang dari mall FX Senayan. Untuk mereka yang bepergian menggunakan bus Trans Jakarta, anda dapat turun di halte Gelora Bung Karno dan berjalan kaki kurang lebih 10 menit untuk mencapai gedung tersebut. Waktu itu saya agak siang ke sana, dan masih menunggu 10 orang lagi sebelum giliran saya. Waktu menunggu sangat lama, kurang lebih 3 jam (tergantung keramaian dll).

Di sana ada beberapa konter untuk melayani para pencari visa. Satu konter untuk pengambilan visa (dan paspor), dua untuk individu (tanpa appointment), satu untuk appointment (lebih cepat antreannya), dua untuk agen pembuatan visa.

Oya, untuk menyerahkan semua dokumen, harus dilakukan oleh orang yang mendaftar dan tidak dapat diwakilkan. Apabila dokumen sudah lengkap, kita tidak memerlukan waktu yang lama untuk berada di meja penyerahan dokumen  seperti mereka yang kekurangan dokumen (bahkan ada yang mengisi formulir di meja penyerahan dokumen). Di meja tersebut, saya ditanya tujuan memerlukan visa, berapa lama stay di sana, dll. Setelah itu, saya membayar fee (Rp. 1.210.000,00) dan mendapat resit untuk pengambilan paspor.

Pengambilan paspor juga di gedung yang sama, dan bila diwakili orang lain maka harus membuat surat kuasa (dan jangan lupa membawa resit asli). Kita dapat mengetahui apakah visa kita sudah jadi atau belum dengan memasukkan kode referensi di sini https://www.vfs.org.in/UKG-PassportTracking/ApplicantTrackStatus.aspx?Data=LpemHHvlH7bp48AezPuUoQ==

Setelah mendapatkan resit, kita menunggu giliran untuk pengambilan Biometric/ sidik jari. Tahapan ini merupakan tahapan akhir penyerahan dokumen aplikasi visa Inggris.

Secara keseluruhkan, menurut saya mengurus visa Inggris tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Malahan, dengan mengurusnya sendiri kita hanya datang 2 kali, yaitu pada saat penyerahan visa dan mengambil sidik jari, dan ketika mengambil visa yang sudah jadi (itupun boleh diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa). Dahulu ketika mengurus visa melalui agen, saya tetap harus ke VFS untuk mengambil sidik jari, ya memang kita tidak perlu menunggu berjam-jam waktu itu.

Apakah permohonan visa kita akan di kabulkan atau tidak? Hal tersebut sepenuhnya menjadi wewenang Kedubes Inggris dan tidak ada sangkut-pautnya dengan VFS, sebab VFS hanyalah badan yang membantu untuk proses permohonan visa. Pada akhirnya, saya berharap semoga aplikasi visa saya berjalan lancar. amin.


catatanAna@2012 all rights reserved

12 komentar:

  1. mbak ada line chat?mau konsultasi alias nanya2 nech sebelum bkin visa
    thanks

    BalasHapus
  2. oia mbak ini alamat emailku rabityred@gmail.com
    terimakasih banyak ya mbak

    BalasHapus
  3. Berapa lama visa uknya ? Aku tgl 4 maret 2013 sampai skrg 4 April masih belum ada kabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Andy, sudah cek resit dari webnya? mungkin bisa telefon ke VFS langsung untuk menanyakan status aplikasi visa anda.

      Hapus
  4. thanks mba to your info,,,,sy jg ada renc ke UK akhir okt 2013 ini student s3 di Indo tapi mau analisis sample di UK, visa apaan pasnya mba trims

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum mba ana.. untuk dokumen berarti gak perlu dterjemahin ke bhs inggris ya? klo boleh tau brp lm mba dsna? saya jg ada rencana mengunjungi wisuda suami. rncnyanya 1 bulan dsna, kira2 boleh ga ya?


    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam, waktu itu sih tdk perlu menterjemahkan. Tapi supaya jelas dan pasti mhon cek ke VFS

      Hapus
  6. assalamu'alaikum mba.. btw brp lama mba di UK? klo saya buat 4 hr tp akhirya saya 6 bln dsna blh ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya tulis aplikasi sesuai kenyataan

      Hapus

Please leave your comment. Any hatred comment will be removed to maintain the tranquility of my blog. Thank you :)